Bagi para pecinta robot, kali ini saya akan membahas tentang robot Microbot yang sudah sering dibuat oleh para pecinta robot. Robot ini menggunakan Arduino Uno sebagai proccesor - nya. Tapi tidak perlu kuatir, karena Arduino Uno ini tidak susah untuk dicari, dan biasanya harganya berkisaran antara Rp.225.000 sampai Rp.300.000. Rangkaian ini juga menggunakan Modul Ultrasonic sensor atau yang biasa disebut sensor ultrasonik dan modul tersebut memiliki 4 pin yaitu GND, ECHO, TRIG, VCC. Biasanya harga Modul ini Rp.50.000 atau bahkan ada yang mencapai Rp.110.000 tergantung dengan range modul tersebut. Selain itu robot ini juga menggunakan servo motor dan Motor Drive Shield For Arduino dan biasanya harga shield ini Rp.150.000 - an. Dan tidak lupa robot ini juga menggunakan 2 buah motor dc. Jadi, inilah daftar komponen yang diperlukan untuk membuat robot Microbot :
 - 1 Buah Arduino Uno
 - 1 Buah Motor Drive Shield For Arduino
 - 1 Buah Servo Motor
 - 2 Buah Motor DC
 - 1 Buah Ulatrasonic Sensor
 - 1 Buah Box Baterai
 - 1 Buah Roda Depan Kecil
Dan inilah step pembuatannya......
Pertama - tama kita akan membuat body robot tersebut. kita bisa menggunakan bahan apapun atau tutup makanan seperti gambar dibawah. Dan inilah diagram pembuatannya.......

Dan inilah diagram untuk membuat body - nya.... Jangan lupa untuk menambahkan satu buah kapasitor 100nf di motor dc - nya dan memasang roda pada bagian bawah body - nya..


Setelah selesai, ambillah Motor Servo dan Modul Sensor Ultrasonic dan pasangkan keduanya seperti gambar dibawah! Kita dapat menggunakan selotip bolak balik yang biasanya digunakan pada mobil.


Lalu pasanglah Motor Drive Shield pada Arduino Uno seperti gambar dibawah! Dan pasanglah langsung pada body - nya.... jangan lupa untuk memasang Box Baterai pada bagian bawah body!

Lalu pasanglah kedua Motor DC disamping kanan dan kiri robot....


Selamat! anda sudah berhasil membuat robot Microbot sendiri dengan mudah....... untuk source code nya dapat dilihat di link dibawah, dan sekian penjelasan saya tentang cara membuat robot Microbot sendiri dengan mudah dan murah menggunakan Arduino Uno.
Jika ada pertanyaan, kritik maupun saran silahkan comment aja dibawah.....
Download Source Code APC Microbot
Sumber Inspirasi artikel ini : Arduino Masterclass Part 4: Build a mini robot


Baca juga :
 - Cara menghitung nilai resistor
 - Komponen - komponen dasar elektronika
 - Elektronika dasar
 - Rangkaian alram menggunakan PIC16F84A
 - Rangkaian USB Downloader menggunakan ATmega8535
 - Rangkaian sensor suhu menggunakan atmega8535
 - Jenis - jenis resistor
 - Jenis - jenis SCR
 - Jenis - jenis transistor
 - Jenis - jenis kapasitor
 - Jenis - jenis diode

0 Comment:

Post a Comment

 
Top