Nah, kali ini saya akan membahas tentang kapasitor. Pasti banyak orang yang bertanya - tanya apakah sebenarnya kapasitor itu? apakah fungsinya? dan apasajakah jenisnya? nah, dalam postingan kali ini saya akan membahas tentang pertanyaan pertanyaan diatas. Kapasitor adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menampung muatan listrik dalam waktu tertentu dan mengeluarkan kembali pada saat diperlukan, oleh karena itu kapasitor mempunyai peran yang penting dalam dunia elektronika. Kemampuan menampung muatan listrik tersebut dinamakan kapasitas.
Satuan kapasitas kapasitor adalah farad. Satuan farad disimbolkan dengan huruf F. Perhatikan penjelasan berikut!
1 F = 1.000.000 mikrofarad
1 F = 1.000.000.000 nanofarad
1 F = 1.000.000.000.000 pikofarad
1 mF = 1.000.000 pikofarad
1 mF = 1.000 nanofarad
1 nF =1.000 pikofarad
Nah, sekarang kita akan membahas tentang jenis - jenis kapasitor.
Kapasitor terdiri dari dua jenis yaitu kapasitor variabel dan kapasitor tetap ( fixed ).
Kita akan membahas jenis - jenis kapasitor tetap terlebih dahulu.
1. Kapasitor elco
 - Kapasitor elco adalah kapasitor yang berbentuk tabung dan memiliki polaritas yaitu ( + dan - ). Biasanya yang ( + ) kakinya lebih panjang daripada kaki yang ( - )  . Tetapi jika kakinya sudah ada yang terpotong polaritas kapasitor tersebut dapat dilihat dari garis putih yang terdapat di badan kapasitor. Maka kaki yang sejajar dengan garis putih tersebut berarti ( - ) dan yang satunya lagi berarti ( + ).
Kalau pada kapasitor elco, kapasitas kapasitor tersebut langsung dituliskan di badan kapasitor tersebut, misalnya 1000 MF atau yang lainnya. Dan biasanya angka WV kapasitor elco juga ditulis dibadannya, misalnya 16V, artinya kapasitor tersebut tidak boleh mendapat tegangan listrik diatas 16V.
2. Kapasitor keramik
 - Kapasitor keramik adalah kapasitor yang biasanya berbentuk tipis tidak berbentuk tabung seperti kapasitor elco. Lain halnya dengan kapasitor elco, kapasitor keramik tidak memiliki polaritas seperti kapasitor elco, jadi dipasang bolak - balik juga tidak masalah. Kapasitas kapasitor keramik biasanya langsung ditulis di badannya, misalnya 222J, artinya kapasitas kapasitor itu adalah 2,2 nF. Dan angka WV kapasitor keramik biasanya tidak tertulis, karena kapasitor keramik biasanya memiliki angka WV yang tinggi.

3. Varco
 - Varco adalah salah satu contoh kapasitor variabel, artinya kapasitor ini kapasitasnya dapat diubah - ubah tergantung nilai varco tersebut.


Sekian, informasi tentang kapasitor dari saya
Semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi anda.
Jika ada pertanyaan, kritik maupun saran bisa comment dibawah!


Baca juga :
 - Cara menghitung nilai resistor
 - Komponen - komponen dasar elektronika
 - Elektronika dasar
 - Rangkaian alram menggunakan PIC16F84A
 - Rangkaian USB Downloader menggunakan ATmega8535
 - Jenis - jenis resistor
 - Jenis - jenis SCR
 - Jenis - jenis transistor
 - Jenis - jenis diode
 - Rangkaian sensor suhu menggunakan atmega8535

0 Comment:

Post a Comment

 
Top