Melanjutkan postingan kemarin tentang komponen - komponen dasar elektronikakali ini saya akan membahas lebih dalam lagi tentang apa sebenarnya resistor itu dan bagaimanakah cara menghitung nilai resistor baik yang memiliki 4 gelang warna maupun yang mamiliki 5 gelang warna. Apakah kalian masih ingat tahu apa itu resistor? Oke, saya akan jelaskan lagi, resistor adalah komponen elektronika yang memiliki daya hambatan tertentu sehingga besar arus listrik yang mengalir dapat ditentukan pula. Sebelum kta bahas lebih dalam lagi, Apakah kalian tahu cara membaca kode - kode warna pada resistor tetap? Nah, sekarang saya akan membahas cara membaca kode - kode warna pada resistor tetap.
Perhatikan tabel disamping!
Pada resistor tetap terdapat 4 gelang warna namun adapula resistor yang mempunyai 5 gelang warna, tetapi saya akan membahas resistor yang mempunyai 4 gelang warna terlebih dahulu. Pada resistor yang terdapat 4 gelang warna, gelang pertama dan kedua adalah nilai dan gelang ketiga adalah pengali serta gelang keempat adalah toleransi resistor tersebut. jika anda bingung, coba lihat contoh resistor dibawah!
1. cokelat, merah, cokelat, emas
 gelang ke - 1 = cokelat, yang nilainya adalah 1                                        gelang ke - 2 = merah, yang nilainya adalah 2
 gelang ke - 3 = cokelat, yang pengalinya adalah 10
 gelang ke - 4 = emas, yang toleransinya adalah 5%
Jadi, anda tinggal memasukkan nilainya. yaitu, 12 x 10 ( 5% ) = 120 ohm 5%
Jadi, nilai resistor tersebut adalah 120 ohm 5%

Oke, sekarang coba lihat tabel kode warna resistor yang mempunyai 5 gelang warna disamping!                                                                         Untuk resistor yang mempunyai 5 gelang warna, maka gelang ke - 1, 2, 3 merupakan nilai dan gelang ke - 4 merupakan pengali serta gelang ke - 5 merupakan toleransi resistor tersebut. Jika anda bingung juga, coba lihat contoh resistor dibawah!
1. merah, biru, ungu, cokelat, perak
 gelang ke - 1 = merah, yang nilainya adalah 2
 gelang ke - 2 = biru, yang nilainya adalah 6
 gelang ke - 3 = ungu, yang nilainya adalah 7
 gelang ke - 4 = cokelat, yang pengalinya adalah 10
 gelang ke - 5 = perak, yang toleransinya adalah 10%
Jadi, anda tinggal memasukkan nilainya. yaitu, 267 x 10 ( 10% ) = 2670 ohm 10% atau 2,67K ohm 10%     Jadi, nilai resistor tersebut adalah 2,67K ohm 10%
Sekian informasi dari saya, semoga informasi ini bermanfaat bagi semuanya.
jika ada pertanyaan, kritik dan saran anda bisa comment dibawah!

Baca juga :
 - Komponen - komponen dasar elektronika
 - Elektronika dasar
 - Rangkaian alram menggunakan PIC16F84A
 - Rangkaian USB Downloader menggunakan ATmega8535
 - Jenis - jenis resistor
 - Jenis - jenis SCR
 - Jenis - jenis transistor
 - Jenis - jenis kapasitor
 - Jenis - jenis diode
 - Rangkaian sensor suhu menggunakan atmega8535

0 Comment:

Post a Comment

 
Top