Melanjutkan postingan kemarin tentang komponen - komponen dasar elektronika, kali ini saya akan menjelaskan lebih dalam tentang SCR. Sebenarnya apakah SCR itu? dan apakah fungsinya? SCR adalah komponen elektronik yang termasuk dalam rumpun solid gate. Nama lain dari SCR adalah thyristor yang berasal dari kata thyraton dan transistor. Thyraton adalah alat pengatur daya listrik sebelum ditemukannya transistor.
SCR mempunyai beberapa fungsi, diantara lain :
 - SCR berfungsi untuk memblokir dan mengubah arus bolak balik menjadi arus searah ( DC ).
 - SCR berfungsi untuk memenggal arus AC
 - SCR berfungsi sebagai saklar
Berdasarkan fungsi SCR diatas, SCR dikatakan mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai penyearah dan sebagai saklar. Oleh karena itu SCR sangat diperlukan untuk mengatur daya listrik secara otomatis.
Tyristor memiliki beberapa jenis yaitu :
1. DIAC
 - DIAC adalah kependekan dari Diode Alternating Current. DIAC tersusun atas dua buah diode PN dan NP yang disusun berlawanan arah. DIAC memerlukan tegangan breakdown yang cukup tinggi untuk dapat menembusnya. Oleh karena itu DIAC biasanya dipakai untuk memberi trigger pada TRIAC.



2. TRIAC
 - TRIAC adalah Triode Alternating Current. TRIAC dapat melewatkan arus bolak - balik. TRIAC dapat digambarkan dengan SCR yang disusun bolak - balik. TRIAC biasanya digunakan sebagai saklar AC tegangan tinggi ( diatas 100 volt ). TRIAC biasanya juga disebut dengan SCR bi - directional.Untuk memberi trigger pada TRIAC dibutuhkan DIAC sebagai pengatur level tegangan yang masuk.

Sekian, informasi tentang Tyristor
Semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi anda.
Jika ada pertanyaan, kritik maupun saran bisa comment dibawah!

Baca juga :
 - Cara menghitung nilai resistor
 - Komponen - komponen dasar elektronika
 - Elektronika dasar
 - Rangkaian alram menggunakan PIC16F84A
 - Rangkaian USB Downloader menggunakan ATmega8535
 - Jenis - jenis resistor
 - Jenis - jenis transistor
 - Jenis - jenis kapasitor
 - Jenis - jenis diode
 - Rangkaian sensor suhu menggunakan atmega8535

1 Comment:

 
Top