Kali ini saya akan membahas lebih dalam lagi tentang diode. Sebelumnya, apakah kalian tahu apa itu diode?
fungsinya? jenis - jenisnya? jika belum tahu tidak perlu khawatir karena saya akan menjelaskan pertanyaan - pertanyaan diatas. Diode adalah komponen elektronika yang memiliki dua elektrode, yaitu katode dan anode. Diode memiliki beberapa jenis yaitu :
1. Diode  Rectifier
 - Diode rectifier adalah diode yang terbuat dari silikon dan biasanya digunakan untuk menyearahkan arus bolak - balik ( AC ) menjadi searah ( DC ).




2. Diode Zener
 - Diode zener adalah dioda junction P dan N yang terbuat dari bahan dasar silikon. Dioda ini dikenal juga sebagai Voltage Regulation Diode yang bekerja pada daerah reverse (kuadran III). Potensial dioda zener berkisar mulai 2,4 sampai 200 volt dengan disipasi daya dari ¼ hingga 50 watt. Diode zener biasanya digunakan untuk menstabilkan tegangan. Perhatikan penjelasan berikut!
STABILISATOR DIODE ZENER
Tegangan (V)          Tegangan diode zener (V)
                                             6                                       7,5
                                             7                                       7,5
                                             9                                       9,6
                                            12                                     13
                                            15                                     15
3. Didode LED
 - Diode LED ( Light Emitting Diode ) piranti elektronik gabungan antara elektronik dengan optik, sehingga dikategorikan pada keluarga “Optoelectronic”. Sedangkan elektroda-elektrodanya sama seperti dioda lainnya, yaitu anoda (+) dan Katoda (-). Diode LED terbuat darGalium Arsenida (GaAs) atau Galium Arsenida Phospida (GaAsP) atau juga Galium Phospida (GaP), bahan-bahan ini memancarkan cahaya dengan warna yang berbeda-beda. Bahan GaAs memancarkan cahaya infra-merah, Bahan GaAsP memancarkan cahaya merah atau kuning, sedangkan bahan GaP memancarkan cahaya merah atau hijau.
4. Diode cahaya ( Photodiode )
 - Diode cahaya ( photodiode ) adalah diode yang bekerja pada daerah reverse, jadi hanya arus bocor saja yang melewatinya. Dalam keadaan gelap, arus yang mengalir sekitar 10 A untuk dioda cahaya dengan bahan dasar germanium dan 1A untuk bahan silikon. Kuat cahaya dan temperature keliling dapat menaikkan arus bocor tersebut karena dapat mengubah nilai resistansinya dimana semakin besar cahaya yang diterima maka semakin kecil nilai resistansi dioda cahaya tersebut dan sebaliknya.

5. Diode varactor 
 - Diode varactor adalah diode yang sifatnya mempunyai kapasitas yang berubah-ubah jika diberikan tegangan. Dioda ini bekerja didaerah reverse mirip dioda Zener. Bahan dasar pembuatan dioda varactor ini adalah silikon dimana dioda ini sifat kapasitansinya tergantung pada tegangan yang diberikan padanya. Jika tegangan tegangannya semakin naik, kapasitasnya akan turun. Dioda varikap banyak digunakan pada pesawat penerima radio dan televisi di bagian pengaturan suara (Audio).


Sekian, informasi tentang Diode
Semoga postingan saya kali ini bermanfaat bagi anda.
Jika ada pertanyaan, kritik maupun saran bisa comment dibawah!

Baca juga :
 - Cara menghitung nilai resistor
 - Komponen - komponen dasar elektronika
 - Elektronika dasar
 - Rangkaian alram menggunakan PIC16F84A
 - Rangkaian USB Downloader menggunakan ATmega8535
 - Jenis - jenis resistor
 - Jenis - jenis SCR
 - Jenis - jenis transistor
 - Jenis - jenis kapasitor
 - Rangkaian sensor suhu menggunakan atmega8535



Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

1 Comment:

  1. Caesars Race & Sports Book - Las Vegas - MapYRO
    Located on 여주 출장안마 the Las Vegas 양산 출장안마 Strip, the Race & Sports 부산광역 출장안마 Book features 12 exciting events, live entertainment and 영천 출장안마 more. Rating: 4.1 · ‎120 reviews · ‎Price range: 여수 출장안마 $0

    ReplyDelete

 
Top